Blog

Penderita asam urat sebaiknya melakukan diet

28/01/2013 10:42

menghilangkan maag

 

Asam urat menumpuk ketika tubuh terlalu banyak memproduksi atau gagal mengeluarkannya. Asam urat sendiri merupakan semacam limbah dari metabolisme makanan. Maka dari itu, penting bagi Anda mengontrol pola makan dan sebaiknya melakukan diet jika menderita asam urat seperti yang dilansir dari Health Me Up berikut ini.
 
Saran umum
 
Kurangi asupan lemak demi menghindari produksi asam urat berlebih.
Perbanyak minum air demi menjaga keenceran urine.
Membatasi atau menghentikan sepenuhnya kebiasaan minum alkohol.
Makanan yang sebaiknya dihindari
 
Kerang, daging merah, jeroan, ikan sarden, ekstrak daging, dan daging cincang.
Buah-buahan dan sayur berikut ini: kacang polong, bayam, kembang kol, dan jamur.
Peraturan diet
 
Gunakan sedikit garam saat memasak.
Gunakan tomat, cuka, atau jus jeruk nipis untuk memperkaya rasa masakan yang tidak diberi garam cukup banyak.
Jangan menaruh garam di atas meja makan.
Hindari biskuit, kacang, camilan yang rasanya asin.
Kurangi kebiasaan mengonsumsi makanan yang tidak diproses sendiri, seperti roti.
Jangan tergiur dengan produk pengganti garam, sebab Anda bisa terancam mengalami ketidakseimbangan elektrolit.
 

gejala sakit maag

Hubungan Radang Empedu dan Gejala Maag

23/01/2013 13:08

mengobati maag

 

Bagi sekalangan orang, gejala sakit maag dengan penyakit lain yang menyertainya, selalu dianggap sama saja. Karena memang kalau sakitnya masih seputar perut, orang akan berasumsi sakitnya sama saja. Kalau nggak  maag, lambung atau pencernaan.
 
Tapi pernahkah berpikir di dalam perut tak cuma urusan lambung dan pencernaan? Ada usus, ada empedu dan macam-macam alat tubuh lainya. Kali ini kita akan membahahas korelasi antara kantong empedu dan gejala maag. Ini termasuk jarang dibicarakan dan dbahas. 
 
Oke, pada prinsipnya kantong empedu adalah kantong yang dipakai untuk menampung cairan empedu yang berupa garam empedu dan lemak. Garam empedu itu dibutuhkan untuk membantu sistem pertahanan tubuh yang dikenal sebagai keseimbangan asam basa.  Selain itu juga di dalam kantong empedu ada ekstrak empedu yang dipakai untuk mengemulsi lemak. Pada keadaan tertentu, akibat kesalahan makan dengan lemak yang berlebihan dan kadang disertai kuman yang masuk, maka terjadi proses pengendapan dari ekstrak lemak. Kemudian bisa menimbulkan permasalahan berupa pembentukan inti batu empedu (cholelithiasis) . Cholelithiasis ini bisa menimbulkan peradangan empedu (cholecystitis) . Sebaliknya, cholecystitis bisa menimbulkan batu empedu.
 
Cholecystitis memang kadang sulit diketahui dan keluhan subyektifnya memang hampir sama dengan sakit maag atau keluhan ''masuk angin'' biasa. Kecuali bila cholecystitis ini telah menimbulkan permasalahan yang spesifik, seperti kulit kuning, dan terbentuk batu empedu (cholelithiasis) yang menyumbat total di saluran empedu. 
 
Karena hal itu akan menimbulkan rasa nggak enak di perut seperti maag disertai nyeri di ujung tulang belikat atau titik boas, kata ahli  bedah laparoskopi ini. Nyeri di titik boas itu merupakan salah satu ciri khas penyakit gangguan empedu. Untuk lebih jelasnya, bisa dilakukan pemeriksaan dengan USG.
 
Apabila terjadi peradangan, empedu terus-menerus akan membengkak. Empedu akhirnya tidak bisa memproduksi sesuai dengan kapasitasnya yang seharusnya dan berisiko menimbulkan kebocoran empedu. Apabila peradangan cukup berat akan mengakibatkan perlengketan di beberapa tempat, terutama di liver dan usus besar. Hal itu yang paling banyak terjadi.
 
Kalau radang empedunya berlanjut dan meradang di dekat liver, maka akan menimbulkan nyeri di pundak (kerr). Nyeri di pundak terjadi karena ada peradangan yang melibatkan saraf di diafragma (sekat rongga badan). Itu berarti sudah ada peradangan yang melewati pada dinding kantong empedu dan ini sudah komplikasi. Nyerinya bisa kanan maupun kiri dan hilang-timbul. Makin lama rasa sakit ini semakin berat dan akhirnya nyeri menetap. Jika batu empedu cukup banyak, maka sebagian batu empedu ini bisa masuk ke saluran empedu --yang menghubungkan liver dengan usus 12 jari. Maka, sumbatan pun bisa terjadi.
 

mengatasi batu empedu

APA ITU EDAMAME?

12/01/2013 11:27

keripik edamame

 

Edamame (Jepang) atau Kedelai (Indonesia) bukanlah jenis tanaman kacang-kacangan, melainkan masuk ke dalam kategori sayuran (vegetable). Di Jepang, negara asal kedelai ini, edamame termasuk tanaman tropis dan dijadikan sebagai sayuran serta camilan kesehatan. Begitu juga di Amerika, kedelai ini dikategorikan sebagai healthy food. 
 
Untuk sebagian orang di Indonesia, kedele edamame mungkin masih terdengar asing. Kedele sayuran ini baru bisa dijumpai di restoran Jepang atau restoran berkelas lainnya untuk disantap atau dimasak menjadi sup atau lebih dikenal sebagai camilan  kedele edamame yang rasanya gurih dan lezat
 

kedelai jepang

Penyebab Penyakit Tumor

09/01/2013 16:08

gejala tumor otak

 

Mutasi DNA di dalam sel yang terakumulasi merupakan faktor utama penyebab tumor. Sebenarnya sel manusia memiliki mekanisme perbaikan DNA [DNA repair) dan mekanisme lainnya yang menyebabkan sel merusak dirinya dengan apoptosis jika kerusakan DNA sudah terlalu berat. Apoptosis adalah proses aktif kematian sel yang ditandai dengan pembelahan DNA kromosom, kondensasi kromatin, serta fragmentasi nukleus, dan sel itu sendiri. Berikut ini beberapa hal yang dapat menjadi pemicu penyebab tumor
~ Ketergantungan rokok yang mengandung nikotin dan zat-zat adiktif lainnya.
~ Mengonsumsi minuman beralkohol
~ Gaya hidup yang tidak sehat
~ Obesitas (kegemukan)
~ Benzene dan zat kimia lain yang berada di lingkungan, diserap oleh darah sehingga meracuni seluruh jaringan tubuh.
~ Sinar radiasi matahari yang tidak mampu ditahan oleh jaringan kulit hingga menembus ke dalam dan membuat karakteristik kulit berubah
~ Masalah genetis
~ Akibat radiasi
 
Gejala Tumor yang perlu diwaspadai :
~ Munculnya benjolan yang bertumbuh dan membesar pada bagian tubuh tertentu
~ Terjadinya penebalan jaringan.
~ Pendarahan atau keluarnya zat cair dari tubuh.
~ Nyeri haid yang rutin dan berkepanjangan pada wanita
~ Sakit atau luka lama yang tidak sembuh-sembuh.
~ Kehilangan berat badan secara cepat
 

mengobati tumor otak

Gejala Tumor Otak

08/01/2013 15:06

gejala tumor otak

Otak merupakan salah satu organ tubuh penting pada manusia. Namun apakah karena berada di dalam organ Anda dapat mengasumsikan otak tak dapat terkena penyakit? Kalau berfikiran seperti itu berarti Anda salah. Otak juga bisa mengalami beberapa gangguan kesehatan seperti salah satu penyakit mematikan, yaitu tumor otak. Tumor otak sendiri adalah sebuah pertumbuhan organ-organ jaringan yang ada di dalam sel otak secara tidak teratur sehingga otak pun mengalami pembengkakan di dalam organ. Tumor atau kanker ini pun memiliki dua jenis, yaitu tumor ganas dan jinak atau disebut juga primer dan sekunder tumor.
 
Sebagai bahan kewaspadaan Anda menghadapi penyakit tumor otak ini, Saya uraikan beberapa gejala tumor otak:
 
1. Menjadi sulit berdiri dan berjalan
Pada umumnya penderita penyakit ini akan sulit berjalan karena disebabkan gangguan sel kanker pada otak yang menghambat proses dari input sel otak sendiri. Penderita akan merasakan lelah, pusing, bahkan bisa terjatuh jika dipaksa berjalan.
 
2. Mudah lemas
Jika Anda merasakan lemas, cepat lelah, dan merasa kurang fit, ada baiknya Anda waspadai atau bisa ke dokter agar didiagnosa.
 
3. Kepala terasa sakit
Anda akan merasakan gejala puyeng/sakit kepala yang berkepanjangan dan terus menerus, walaupun Anda sedang tidak stress, atau sakit. Ada baiknya Anda segera memeriksakannya ke dokter.
 
4. Sulit melihat dan mendengar
Salah satu gejala yang parah akibat sel tumor tersebut adalah Anda akan memiliki kekurangan dalam hal melihat dan mendengar. Hal ini disebabkan oleh sel kanker yang menggerogoti otak Anda, jadinya kinerja otak tak sempurna. Bahkan bisa lebih parah jika Anda tak segera memeriksakannya ke dokter.
 
5. Hilangnya daya konsenstrasi dan ingatan
Hal ini juga disebabkan oleh gangguan sel tumor yang ada di otak. Anda pun menjadi cepat lupa, dan pikun.
 
6. Menurunnya daya penciuman
Selain daya konsenstrasi dan ingatan, indra penciuman Anda pun akan berkurang karena gangguan sel tumor otak.
 
7. Kaki dan tangan mati rasa
Anda takkan merasakan apa-apa jika sel tumpr telah berkembang biak dan menjadi ganas. Jika tangan atau kaki Anda mati rasa sebaiknya Anda diagnosa ke dokter secepatnya.
 
8. Kelumpuhan pada wajah
Lebih parah dari hal yang lain, Anda takkan merasakan apa-apa pada wajah Anda. Hal tersebut karena kanker telah menyebar di otak.
 
9. Mual dan sering muntah
Sama seperti halnya demam ataupun penyakit lain, jika Anda merasakan tidak enak badan, dan sering muntah, ada kalanya Anda harus periksakan ke dokter.
 
10. Sering mengantuk
Selain menyerang daya tahan tubuh, gangguan tumor pada otak juga menyebabkan Anda sering mengantuk bahkan jika Anda berasa cukup tidur.
 
11. Haid berhenti secara tiba-tiba
Bagi Anda para wanita, jika Anda sedang tidak mengalami menstruasi, bahkan disaat waktunya, Anda harus segera memeriksakan diri ke dokter, karena bisa jadi ini adalah salah satu gejala penyakit tumor otak walaupun gejala ini jarang terjadi di masyarakat.

pengobatan tumor otak

Penyebab Tumor Otak

07/01/2013 10:33

gejala tumor otak

 

Tumor disebabkan oleh mutasi DNA di dalam sel. Akumulasi dari mutasi-mutasi tersebut menyebabkan munculnya tumor. Sebenarnya sel kita memiliki mekanisme perbaikan DNA (DNA repair) dan mekanisme lainnya yang menyebabkan sel merusak dirinya dengan apoptosis jika kerusakan DNA sudah terlalu berat. Apoptosis adalah proses aktif kematian sel yang ditandai dengan pembelahan DNA kromosom, kondensasi kromatin, serta fragmentasi nukleus dan sel itu sendiri. Mutasi yang menekan gen untuk mekanisme tersebut biasanya dapat memicu terjadinya kanker. 
Selama tahun 1988–1990 tereatat sejumlah 112 penderita tumor otak berbagai jenis yang dirawat di RSPAD Gatot Soebroto Jakarta. Sebagian dari penderita tumor otak tersebut memang pada mulanya ditemukan di klinik Neurologi karena umumnya menunjukkan gejala-gejala yang sifatnya neurologis.
 
Di kalangan medis pada umumnya sudah dikenal trias gejala tumor otak yaitu nyeri kepala, muntah dan ditemukannya edema papil pada pemeriksaan fundus. Tetapi sebenarnya gejala klinis tumor otak sering tidak sejelas itu, apalagi pada fase dini. Tumor otak bisa memberikan gejala klinis beragam tergantung kepada lokasi dan ukurannya. Gejala itu bisa khas, tapi bisa pula kabur, sehingga bila kita tidak waspada bisa terkecoh dengan dugaan yang keliru.
 

obat tumor otak

Saat memar mengindikasikan masalah yang lebih serius

29/12/2012 13:13

menyembuhkan luka memar

 

Pada beberapa kasus memar mengindikasikan terjadinya sesuatu yang serius, seperti masalah pembekuan darah atau adanya penyakit darah. Temui dokter bila terjadi hal berikut:
 
* Memar yang terjadi tidak seperti biasa, memar besar atau terasa sakit, khususnya bila memar tersebut tidak diketahui penyebabnya.
* Anda mudah memar dan mengalami pendarahan lainnya seperti mimisan, gusi berdasar atau saluran pencernaan.
* Anda tidak pernah mengalami memar tetapi tiba-tiba mengalami memar, khususnya bila baru saja mulai mengkonsumsi pengobatan baru.
 
Hal tersebut menandakan dan dapat menjadi gejala bahwa Anda memiliki kadar yang rendah atau fungsi yang tidak normal pada platelet (komponen dalam darah yang membantu pembekuan darah setelah luka). Untuk mendiagnosa penyebab memar, dokter akan melihat kadar platelet darah atau kemampuan darah untuk membeku.
 
Mencegah memar
 
Saat memar terjadi, tidak banyak yang dapat dilakukan. Memar tersebut akan menghilang dan darah akan terserap tubuh.
Bila terjadi pembengkakan bersamaan dengan memar, maka lakukan kompres dingin selama 20 menit pada area yang memar dapat membantu. Setelah pembengkakan berkurang, kompres hangat akan mempercepat penyerapan darah kembali. Untuk mencegah memar, kurangi peralatan rumah yang dapat menimbulkan terantuk atau jatuh. Celana atau baju panjang dapat memberi perlindungan luka yang terjadi.
 

mencegah luka memar

PENYAKIT MYELODISPLASTIC SYNDROME

27/12/2012 15:15

penyakit preleukemia

 

MDS adalah sekumpulan kelainan yang mempunyai ciri-ciri satu atau lebih sitopenia sekunder dari darah tepi sampai dan kelainan  sumsum tulang. Sindrom ini muncul sejak lahir atau bisa juga muncul sekunder setelah pengobatan dengan kemoterapi dan atau radioterapi untuk penyakit lain. MDS sekunder biasanya memiliki prognosis yang lebih jelek dari pada MDS de Novo. Prognosisnya berhubungan langsung dengan jumlah sel blast sumsum tulang dan derajat sitopenia darah tepi. MDS dapat menjadi AML sekitar 30% dari seluruh pasien setelah melalui bermacam-macam rentang diagnosis dan rasio variabel yang berdasarkan klasifikasi seluler darah. Leukimia akut yang mengalami transformasi sangat kurang responsif terhadap kemoterapi daripada Leukimia Myeloid Akut (AML) de Novo. Prognosisnya juga juga berhubungan dengan tipe MDS. Terapi memerlukan perawatan yang intensif. Tindakan transfuse darah atau platelet dapat mencegah alloimunisasi dan kelebihan zat besi, dan prognosis yang baik. MDS ditandai dengan sumsum tulang dan morfologi sel darah yang abnormal.  Hiperplasi eritroid megaloblastik dengan anemia makrositik dengan vitamin B12 dan folat yang normal  sering didapatkan. Granulosit dalam sirkulasi biasanya menurun, sering hipogranular (Anonim, 2002).
 
MDS terjadi terutama pada pasien tua (biasanya di atas usia 60 tahun), meskipun ada juga yang melaorkan adanya pasien usia 2 tahun. Anemia, perdarahan, mudah bengkak dan mudah lelah merupakan tanda awal dari penyakit ini. kadang terjadi splenomegali atau hepatomegali. hampir setenganh dari pasien telah terdeteksi memiliki abnormalitas sitogenik, biasanya delesi sebagian atau kesluruhan kromosom 5 atau 7, atau trisomi 8. Meskipun sumsum tulang biasanya hiperseluler pada diagnosis, 15% hingga 20% menunjukkan hipoplastik sumsum tulang (Anonim, 2002).
 
System klasifikasi telah dikembangkan untuk memprediksi kesembuhan pasien dengan MDS dan evolusi dari MDS ke AML. System klasifikasi ini termasuk klasifikasi French-American-British, skor Bournemouth, skor Sanz, dan skor Lille. Variable klinis termasuk dalam system ini memasukkan persentase mieloblast sumsum tulang, sitopeni spesifik, usia, kadar laktat dehidrogenase, pola sitogenik sumsum tulang. Kumpulan data telah dianalisis dan menghasilkan pronostik system yang disebut International Prognostic Scoring System (IPPS) untuk MDS.
 

pengobatan mds

Penyebab Obesitas

24/12/2012 13:48

mengatasi obesitas

 

Secara ilmiah, obesitas terjadi akibat mengonsumsi kalori lebih banyak dari yang diperlukan oleh tubuh. Penyebab terjadinya ketidakseimbangan antara asupan dan pembakaran kalori ini masih belum jelas.
 
Terjadinya obesitas melibatkan beberapa faktor:
 
* Faktor genetik. Obesitas cenderung diturunkan, sehingga diduga memiliki penyebab genetik. Tetapi anggota keluarga tidak hanya berbagi gen, tetapi juga makanan dan kebiasaan gaya hidup, yang bisa mendorong terjadinya obesitas. Seringkali sulit untuk memisahkan faktor gaya hidup dengan faktor genetik. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa rata-rata faktor genetik memberikan pengaruh sebesar 33% terhadap berat badan seseorang.
* Faktor lingkungan. Gen merupakan faktor yang penting dalam berbagai kasus obesitas, tetapi lingkungan seseorang juga memegang peranan yang cukup berarti. Lingkungan ini termasuk perilaku/pola gaya hidup (misalnya apa yang dimakan dan berapa kali seseorang makan serta bagaimana aktivitasnya). Seseorang tentu saja tidak dapat mengubah pola genetiknya, tetapi dia dapat mengubah pola makan dan aktivitasnya.
* Faktor psikis. Apa yang ada di dalam pikiran seseorang bisa memengaruhi kebiasaan makannya. Banyak orang yang memberikan reaksi terhadap emosinya dengan makan.
 
Salah satu bentuk gangguan emosi adalah persepsi diri yang negatif. Gangguan ini merupakan masalah yang serius pada banyak wanita muda yang menderita obesitas, dan bisa menimbulkan kesadaran yang berlebihan tentang kegemukannya serta rasa tidak nyaman dalam pergaulan sosial.
 

mengobati obesitas

Penyebab Penyakit Parkinson

22/12/2012 11:11

pencegahan parkinson

 

Penyakit parkinson terjadi ketika sel saraf atau neuron di dalam otak yang disebut substantia nigra mati atau menjadi lemah. Secara normal sel ini menghasilkan bahan kimia yang penting di dalam otak yang disebut dopamine. Dopamine adalah suatu bahan kimia yang dapat menghantarkan sinyal-sinyal listrik diantara substantia nigra dan di sepanjang jalur sel saraf yang akan membantu menghasilkan gerakan tubuh yang halus. Ketika kira-kira 80% sel yang memproduksi dopamine rusak, gejala penyakit parkinson akan nampak.
 
Diagnosa Penyakit Parkinson
Diagnosa penyakit parkinson didasarkan dengan pengambilan data-data riwayat pasien secara hati-hati dan dengan pemeriksaan fisik pasien yang dikaitkan dengan gejala-gejalanya. Hingga saat ini belum ditemukan test laboratorium atau alat pencitraan yang dapat mengkonfirmasi penyakit parkinson. Pencitraan resonansi magnetik atau yang dikenal dengan MRI mungkin menunjukan kondisi lain yang mempunyai gejala serupa dengan penyakit parkinson.5 Oleh karena itu pasien yang mempunyai gejala-gelaja serupa disarankan utuk mencari seorang ahli saraf pada penyakit parkinson.
 

pengobatan parkinson

1 | 2 | 3 | 4 | 5 >>